Jumat, 20 Oktober 2017

TUGAS 4 (ANALISIS SWOT PADA KOPERASI)



ANALISIS SWOT KOPERASI DI INDONESIA
            Pada kesempatan ini, saya akan membahas mengenai Analisis SWOT pada koperasi di Indonesia. Sebelumnya, kita harus mengetahui apa itu analisisi SWOT dan singkatan dari SWOT itu sendiri. SWOT sendiri merupakan singkatan dari :
Ø  S = Strengths
Strengths (kekuatan) adalah segala hal yang dibutuhkan pada kondisi yang sifatnya internal organisasi agar kegiatan organisasi berjalan lancar.
Ø  W = Weaknesses
Weaknesses (Kelemahan) adalah terdapatnya kekurangan pada kondisi internal organisasi, akibatnya kegiatan-kegiatan organisasi belum maksimal terlaksana.
Ø  O = Opportunities
Opportunities (Peluang) adalah faktor-faktor lingkungan luar yang positif,yang dapat dan mampu mengarahkan kegiatan organisasi kearahnya.
Ø  T = Threats
Threats (Ancaman) adalah faktor-faktor lingkungan luar yang mampu menghambat pergerakan organisasi
Yang dimaksud analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek bisnis/perusahaan atau suatu spekulasi bisnis. Namun kali ini kita membahas mengenai analisis SWOT dalam Koperasi Indonesia. Kemudian aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Pertama kita akan melihat bagaimanan analisis kekuatan (Strength) dalam koperasi. Berikut beberapa kekuatan (strengths) di koperasi:
1.      Bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan bukan hanya untuk mencari  keuntungan semata.
2.      Bersifat terbuka dan sukarela, artinya orang-orang yang terhimpun dalam koperasi atau masuk menjadi anggota dengan dasar sukarela dan mengrekrut anggota tanpa syarat apapun dan tanpa adanya paksaan atau tidak wajib.
3.      Kepengurusan  yang demokratis, artinya masa kepemimpinan kepala koperasi ada batas waktunya juga, dan dalam pemilihan kepala koperasi dengan cara yang demokratis.
4.      Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dihasilkan koperasi dibagikan kepada anggota sebanding dengan jasa usaha masing-masing anggota
5.      Besarnya harga penjualan pada koperasi  tidak memberatkan anggota
6.      Prinsip pengelolaan bertujuan memupuk laba untuk kepentingan anggota.
Yang kedua yaitu mengenai analisis kelemahan (weaknesses) pada Koperasi. Berikut beberapa kelemahannya:
1.      Tingkat kemampuan dan profesionalisme sumber daya manusianya yang belum memadai, dalam arti profesionalisme. Ini dapat saja diakibatkan oleh kurangnya sosialisasi, pengenalan, dan pelatihan terhadap anggota atau masyarakat.
2.      Kebanyakan koperasi di Indonesia sulit untuk mencari modal, ini diakibatkan oleh iuran wajib dari anggota sangat kecil, tidak sebanding dengan pengeluaran untuk peminjaman kepada anggota koperasi. Belum lagi kurangnya kesadaran anggota akan hak dan kewajibannya dalam membayar iuran yang mengakibatkan terganggunya sistem koperasi tersebut.
3.      Lemahnya dalam pengelolaan. Dalam koperasi juga dibutuhkan pengelola yang banyak ide, atau yang inovatif, karena jika koperasi melakukan yang beda dari yang sebelumnya, orang menjadi ingin tahu apa itu koperasi. Kurangnya pengetahuan bisnis para pengelola koperasi, itu bisa juga jadi kelemahan koperasi di Indonesia, seorang pengelola koperasi harus punya pengetahuan bisnis yang luas untuk kemajuan koperasi kedepannya.
4.      Kurang dalam penguasaan teknologi. Sebenarnya ini tergantung pada kesadaran dari setiap anggota dalam Koperasi. Seharusnya Koperasi bisa mengikuti perkembangan yang ada di Indonesia. Dimana sekarang semua dapat dipublikasikan lewat internet agar banyak orang yang tahu tentang Koperasi. Jika Koperasi bisa dipromosikan lewat internet mungkin saja Koperasi dapat maju dan dapat bersaing dengan badan usaha lainnya.
5.      Pengurus kadang tidak jujur. Banyak sekali kejadian seperti ini. Ketika pengurusnya saja tidak bisa jujur bagaimana koperasi dapat berkembang.
6.      Kurangnya kerja sama antara pengurus, pengawas, dan anggota. Ini juga dapat menghambat kemajuan dari Koperasi. Dimana ketika kita ingin memajukan suatu organisasi dibutuhkan kerja sama antar anggotanya, pengurus sampai pengawasnya.
Yang ketiga yaitu mengenai peluang (opportunities) yang ada di koperasi. Peluangnya dapat kita lihat yaitu berupa:
1.      Mendapat dukungan dari pemerintah. Seharusnya ini menjadi peluang yang besar bagi koperasi karena pemerintah memberikan keringanan pada Koperasi misalnya dalam hal permodalan. Bukannya malah Koperasi menjadi manja ketika telah mendapat dukungan dari pemerintah.
2.      Koperasi cocok dengan kondisi ekonomi diIndonesia, apalagi perekonomian dunia semakin terbuka lebar pasar Internasional bagi koperasi Indonesia. Dengan pasar terbuka lebar, tidak susah untuk menarik investor agar bergabung dengan koperasi, dan banyak juga daerah yang mendukung penuh agar koperasi tetap bertahan  sekarang ini, apalagi daya beli masyarakat Indonesia tinggi.
Yang terakhir yaitu mengenai ancaman (threats) pada Koperasi. Berikut beberapa hal yang menjadi ancaman pada Koperasi:
1.      Kapasitas SDM yang relatif rendah disebabkan faktor budaya dan wilayah yang membatasi ruang geraknya dalam berorganisasi. Di beberapa daerah di luar Pulau Jawa misalnya yang masih belum mengetahui tentang bagaimana dan apa itu Koperasi. Diakibatkan karena faktor budaya dan wilayah.
2.      Belum dikenalnya keberadaan koperasi dikalangan masyarakat. Ini diakibatkan karena kurangnya sosialisasi dan pengenalan mengenai Koperasi.
3.      Persaingan dengan pesaing usaha Asing. Dengan adanya pesaing usaha asing, koperasi menjadi banyak saingan agar tetap bertahan saat ini dan koperasi harus lebih inovatif, selain banyaknya usaha pesaing, koperasi juga masih belum dipercaya oleh pelaku ekonomi lainnya.
Setelah kita melihat analisis SWOT pada Koperasi di Indonesia, kita sudah mengetahui apa yang harus dipertahankan yaitu kekuatan (strengths) dan menggunkan peluang (opportunities) yang ada untuk menghadapi ancaman (threats) dan mengurangi kelemahan (weaknesses) pada Koperasi.  Namun itu semua dibutuhkan strategi. Strateginya dapat dirumuskan menjadi:
1.      Strategi  gabungan dari Opportunities dan Strengths (OS) adalah strategi yang ditetapkan berdasarkan jalan pikiran organisasi yaitu dengan memanfaatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya.
2.      Strategi gabungan dari Opportunities dan Weaknesses (OW) adalah strategi yang ditetapkan berdasarkan pemanfaatan peluang yang ada dengan cara meminimalkan kelemahan dalam organisasi.
3.       Strategi gabungan dari Threats dan Strengths (TS)  adalah strategi yang ditetapkan berdasarkan kekuatan yang dimiliki organisasi untuk mengatasi ancaman yang terdeteksi. Maksudnya, seberapa besar pun ancaman yang ada, kepanikan dan ketergesa-gesaan hanya memperburuk suasana, untuk itu pahamilah bahwa Koperasi memiliki kekuatan yang besar yang bersifat independen dan dapat digunakan sebagai senjata untuk mengatasi ancaman tersebut.
4.      Strategi jika Threats dan Weaknesses terjadi (TW) adalah strategi yang diterapkan kedalam bentuk kegiatan yang bersifat defensif dan berusaha meminimalkan kelemahan yang ada serta menghindari ancaman.
Demikianlah analisis SWOT mengenai Koperasi yang ada di Indonesia. Semoga dengan menjalankan analisis SWOT ini Koperasi di Indonesia dapat berkembang dan maju eksistensinya.

Refrensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT (untuk pengertian SWOT)

Kamis, 19 Oktober 2017

TUGAS 3 (PROPOSAL PENGAJUAN PENDIRIAN KOPERASI)



PROPOSAL PENGAJUAN PENDIRIAN
KOPERASI SEKOLAH KHADIJAH





KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan proposal ini. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami menyampaikan do’a dan terimakasih kepada orang-orang yang telah membantu dan berpartisipasi dalam perancangan pendirian Koperasi ini.
Kami menyadari bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan yang dikarenakan oleh keterbatasan waktu, pengalaman dan kemampuan yang ada pada kami. Untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan dari pembaca, demi tercapainya tingkat kesempurnaan yang lebih baik dari penyusunan proposal ini.


Sukamaju, 16 Oktober 2017


Penyusun



DAFTAR ISI

1.      Kata Pengantar_____________________________________________________1
2.      Daftar Isi__________________________________________________________2
3.      Latar belakang masalah_______________________________________________3
4.      Prinsip____________________________________________________________3
5.      Tujuan Pendirian Koperasi____________________________________________4
6.      Visi &Misi_________________________________________________________4
7.      Jenis Kegiatan______________________________________________________5
8.      Sasaran____________________________________________________________5
9.     Strategi Penjualan____________________________________________________5
10.  Kelembagaan________________________________________________________6
11.  Penutup____________________________________________________________7
12.  Lampiran 1_________________________________________________________8
13.  Lampiran 2_________________________________________________________9
14.  Lampiran 3_________________________________________________________10
15.  Lampiran 4_________________________________________________________11
16. Lampiran 5_________________________________________________________12
17. Lampiran 6_________________________________________________________13



I.                  LATAR BELAKANG
Koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat yang dijalankan berdasarkan asas kekeluargaan. Inti dari koperasi adalah kerja sama, yaitu kerja sama diantara anggota dan para pengurus dalam rangka mewujudkan kesejahteraan anggota dan masyarakat serta membangun tatanan perekonomian nasional.
Koperasi bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Pada hakikatnya koperasi merupakan suatu lembaga ekonomi yang sangat diperlukan dan penting untuk diperhatikan sebab koperasi merupakan suatu alat bagi orang-orang yang ingin meningkatkan taraf hidupnya. Dasar kegiatan koperasi adalah kerjasama yang dianggap sebagai cara untuk memecahkan berbagai persoalan yang mereka hadapi masing-masing. Oleh sebab itu, sudah selayaknya apabila koperasi menduduki yang penting dalam sistem perekonomian suatu Negara. Begitupun Koperasi “Sekolah Khadijah” yang kami dirikan merupakan unit yang dibentuk oleh alumni dari pondok Pesantren Al-Munawarah dalam rangka menunjang pelaksanaan dan keberhasilan studi serta kesejahteraan santriwati di kawasan asrama putri maupun untuk masyarakat sekitarnya.

II.                PRINSIP
Prinsip-prinsip yang dipegang Koperasi “Sekolah Khadijah” adalah  :
1. Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka.
2. Partisipasi aktif dari anggota
3. Pengelolaan berdasarkan secara demoktaris
4. Pendidikan perkoperasian
5. Kerjasama antar koperasi


III.             TUJUAN PENDIRIAN KOPERASI
1.      Membantu menyediakan kebutuhan anggota, santriwati dan masyarakat
2.      Melatih anggota dalam mengelola keuangan koperasi
3.      Melatih anggota untuk berwirausaha
4.      Mengembangkan kreatifitas dan inovasi anggota dengan menyalurkan ide-ide untuk memajukan koperasi
5.      Melatih anggota untuk berorganisasi dan kerjasama antar anggota dalam koperasi
6.      Melatih tanggung jawab anggota dalam melaksanakan tugas di koperasi
7.      Mempererat tali persaudaraan sesama anggota koperasi

IV.             VISI dan MISI
VISI
Terwujudnya Koperasi Sekolah yang mandiri dan tangguh dengan berlandaskan amanah dalam membangun ekonomi bersama dan berkeadilan di Indonesia serta menjadikan koperasi sebagai wadah kreasi anak muda dalam  berwirausaha.

MISI
1.      Menyediakan kebutuhan para santriwati dan masyarakat sekitar
2.      Mewujudkan sumber daya manusia yang profesional dan kompeten dalam
             pengelolaan koperasi
3.      Menjadikan koperasi sebagai tulang punggung perekonomian masyarakat
4.      Mengajarkan kepada para anggota dan santriwati untuk berorganisasi dan berwirausaha

V.               HARAPAN DIDIRIKANNYA KOPERASI SEKOLAH KHADIJAH
  1. Dengan adanya koperasi Santriwati Khadijah berupa kegiatan simpan pinjam dapat memberikan modal kepada masyarakat yang ingin membuka usaha.
  2. Dapat memenuhi kebutuhan sekolah bagi santriwati dan masyarakat sekitar.
  3. Memberi peluang kepada pemilik usaha kecil agar lebih berkembang dengan adanya koperasi simpan pinjam yang kita dirikan.
  4. Kesejahteraan, keharmonisan, serta rasa persatuan antar-Masyarakat dengan santriwati semakin erat bersamaan hasil produksi yang semakin meningkat.
  5. Memperluas lapangan pekerjaan yang sempit dan mampu bersaing di era globalisasi.

VI.             JENIS KEGIATAN
Koperasi Sekolah Khadijah adalah koperasi dengan jenis kegiatan simpan-pinjam serta menyediakan kebutuhan dan perlengkapan sekolah.

VII.          SASARAN
Seluruh santriwati di Pondok Pesantren Al-Munawarah dan Masyarakat yang berada di Desa Sukamaju dan sekitarnya, dan bagi mereka yang membutuhkan pekerjaan dan ingin menciptakan lapangan pekerjaan sendiri yang mandiri dan kompeten.

VIII.    STRATEGI PENJUALAN
1.      Promosi secara langsung dari mulut ke mulut.
2.      Promosi melalui media sosial (instagram, facebook, twitter, dan web Koperasi Sekolah Khadijah.
3.      Promosi melalui poster.
IX.           KELEMBAGAAN
1)      Nama Koperasi          :           Koperasi Sekolah Khadijah
2)      Nama Pemimpin        :           Tiara Ary Gerindra
3)      Alamat Koperasi        :           Pondok Pesantren Al-Munawarah Desa Sukamaju
4)      Telp                            :           (021)-8889990

X.               DAFTAR PRODUK & ANALISIS HARGA
Terlampir
XI.           RINCIAN BIAYA
Terlampir
XII.        SUSUNAN ORGANISASI
Terlampir
XIII.    AKTA PENDIRIAN
Terlampir
XIV.    SURAT PERIZINAN KOPERASI
Terlampir
XV.        LEMBAR PENGESAHAN
Terlampir

XVI.     PENUTUP
Demikian proposal ini kami susun dengan permohonan pendirian koperasi yang kami dirikan dapat di realisasikan. Pembuatan proposal ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan tentang peluang dalam mendirikan koperasi. Dari mendirikan koperasi ini saya menyimpulkan bahwa koperasi ini berdiri karna kebutuhan masyarakatdapat dan permintaan pasar yang sangat mendukung usaha kami.
Kami menyadari bahwa proposal yang kami buat ini masih jauh dari kata sempurna, untuk itu saran dan masukan sangat kami perlukan karna kami semua masih dalam proses pembelajaran. Akhir dari proposal ini kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam pembuatan proposal ini.

                                                                                    Sukamaju, 16 Oktober 2017

         Ketua                                                                             Sekretaris


Tiara Ary Gerindra                                                                  Asma Ul Husna




LAMPIRAN 1

DAFTAR PRODUK DAN ANALISA HARGA

MAKANAN
URAIAN
JUMLAH
HARGA/UNIT
NASI UDUK
20
Rp5,000.00
LONTONG
20
Rp1,500.00
RISOL
20
Rp1,000.00
PASTEL
20
Rp1,500.00
SNACK
25
Rp2,000.00
DONAT
25
Rp2,000.00

ALAT TULIS
URAIAN
JUMLAH
HARGA/UNIT
PENSIL
50
Rp1,500.00
PULPEN
50
Rp2,000.00
BUKU TULIS
30
Rp2,000.00
BUKU GAMBAR
30
Rp3,000.00
PENGHAPUS
50
Rp500.00
SPIDOL
50
Rp2,000.00
TIP-X
20
Rp3,000.00
PENGGARIS
25
Rp2,000.00
RAUTAN
25
Rp1,000.00
NOTE
25
Rp5,000.00


LAMPIRAN 2
RINCIAN BIAYA
MODAL
NO
NAMA ANGGOTA
JENIS SIMPANAN

JUMLAH
SIMPANAN
POKOK
WAJIB
SUKARELA

1
MUHAMMAD ALI
Rp250,000.00
Rp5,000,000.00
Rp120,000.00

Rp5,370,000.00
2
INDRO KUSUMO
Rp250,000.00
Rp5,000,000.00
Rp150,000.00

Rp5,400,000.00
3
FAUZI KHAIRUMAN
Rp250,000.00
Rp5,000,000.00
Rp100,000.00

Rp5,350,000.00
4
KEMAL TITO A
Rp250,000.00
Rp5,000,000.00
Rp90,000.00

Rp5,340,000.00
5
ZAHRIYAH
Rp250,000.00
Rp5,000,000.00
Rp110,000.00

Rp5,360,000.00
6
SITI HALIMAH
Rp250,000.00
Rp5,000,000.00
Rp200,000.00

Rp5,450,000.00
7
RATU HANDINI P
Rp250,000.00
Rp5,000,000.00
Rp55,000.00

Rp5,305,000.00
8
RIRIN DWI A
Rp250,000.00
Rp5,000,000.00
Rp75,000.00

Rp5,325,000.00
9
NURUL SAPUTRI
Rp250,000.00
Rp5,000,000.00
Rp150,000.00

Rp5,400,000.00
10
SONIA RAHAYU
Rp250,000.00
Rp5,000,000.00
Rp115,000.00

Rp5,365,000.00
11
AYU GINANDIA
Rp250,000.00
Rp5,000,000.00
Rp120,000.00

Rp5,370,000.00
12
SYEINA RAHAYU
Rp250,000.00
Rp5,000,000.00
Rp200,000.00

Rp5,450,000.00

TOTAL
Rp3,000,000.00
Rp60,000,000.00
Rp1,485,000.00

Rp64,485,000.00


RANCANGAN PENGELUARAN DAN PENERIMAAN
NAMA BARANG
PENGELUARAN
PEMASUKAN
KEUNTUNGAN
HARGA
UNIT
JUMLAH
HARGA
UNIT
JUMLAH
HARGA
UNIT
JUMLAH
NASI UDUK
Rp5,000.00
20
Rp100,000.00
5500
20
Rp110,000.00
500
20
Rp10,000.00
LONTONG
Rp1,500.00
20
Rp30,000.00
2000
20
Rp40,000.00
500
20
Rp10,000.00
RISOL
Rp1,000.00
20
Rp20,000.00
1500
20
Rp30,000.00
500
20
Rp10,000.00
PASTEL
Rp1,500.00
20
Rp30,000.00
2000
20
Rp40,000.00
500
20
Rp10,000.00
SNACK
Rp2,000.00
25
Rp50,000.00
2500
25
Rp62,500.00
500
25
Rp12,500.00
DONAT GULA
Rp2,000.00
25
Rp50,000.00
2500
25
Rp62,500.00
500
25
Rp12,500.00
PENSIL
Rp1,500.00
50
Rp75,000.00
2000
50
Rp100,000.00
500
50
Rp25,000.00
PULPEN
Rp2,000.00
50
Rp100,000.00
2500
50
Rp125,000.00
500
50
Rp25,000.00
BUKU TULIS
Rp2,000.00
30
Rp60,000.00
3000
30
Rp90,000.00
1000
30
Rp30,000.00
BUK. GAMBAR
Rp3,000.00
30
Rp90,000.00
3500
30
Rp105,000.00
500
30
Rp15,000.00
PENGHAPUS
Rp500.00
50
Rp25,000.00
1000
50
Rp50,000.00
500
50
Rp25,000.00
SPIDOL
Rp2,000.00
50
Rp100,000.00
2500
50
Rp125,000.00
500
50
Rp25,000.00
TIP-X
Rp3,000.00
20
Rp60,000.00
3500
20
Rp70,000.00
500
20
Rp10,000.00
PENGGARIS
Rp2,000.00
25
Rp50,000.00
3000
25
Rp75,000.00
1000
25
Rp25,000.00
RAUTAN
Rp1,000.00
25
Rp25,000.00
1500
25
Rp37,500.00
500
25
Rp12,500.00
NOTE
Rp5,000.00
25
Rp125,000.00
7000
25
Rp175,000.00
2000
25
Rp50,000.00
TOTAL

485
Rp990,000.00

485
Rp1,297,500.00

485
Rp307,500.00


LAMPIRAN 3
STRUKTUR ORGANISASI
1)      Pelindung                              :            KH. Muhammad Agus Salim, SE
2)      Penanggung  Jawab              :            Alif Safani, SI
3)      Penasehat                              :            H. Rizki Wali, SH
4)      Ketua                                    :            Tiara Ary Gerindra
5)      Sekertaris                         :         1. Asma Ul Husna                                                                                                                       2. Nuraini
6)      Bendahara                             :          1. Arbi Syafitri
                                                    2. Rohima Nuurula
7)      Humas                                  :           1. Putri Khalida
                                                2. Siti Ainun
8)      Anggota                               :
1. Muhammad Ali
2. Indro Kusumo
3. Fauzi Khairuman
4. Kemal Tito Agustino
5. Zahriah
6. Siti Halimah
7. Ratu Handini Putri
8. Ririn Dwi Argianti
9. Nurul Saputri
10. Sonia Rahayu
11. Ayu Ginandia
12. Syeina Rahayu

LAMPIRAN 4
AKTA PENDIRIAN

Nama Koperasi           :
Nomor                         :
Tanggal/Hari               :

Kami yang bertanda tangan di bawah ini :
1.      a. Nama                                   :
b. Tempat tanggal lahir           :
c. Pekerjaan                             :
d. Alamat                                :
2.      a. Nama                                   :
b. Tempat tanggal lahir           :
c. Pekerjaan                             :
d. Alamat                                :
3.      a. Nama                                   :
b. Tempat tanggal lahir           :
c. Pekerjaan                             :
d. Alamat                                :

            Atas kuasa rapat pembentukan Koperasi “Sekolah Khadijah“ yang diselenggarakan tanggal 11 Novemeber 2017 ditunjuk oleh pendiri selaku kuasa pendiri dan sekaligus untuk pertama kalinya sebagai pengurus Koperasi Sekolah Khadijah :

Dengan susunan sebagai berikut :

1.      Ketua                          : Tiara Ary Gerindra
2.      Sekretaris                    : Asma Ul Husna
3.      Bendahara                   : Arbi Syafitri

Kuasa pendiri menyatakan mendirikan KOPERASI Mahasiswa Cemerlang serta menandatangani Anggaran Dasar Koperasi Mahasiswa Cemerlang dengan ketentuan sebagai berikut :


LAMPIRAN 5

SURAT PERIZINAN PENDIRIAN KOPERASI

Nama                                                   : Tiara Ary Gerindra

Dengan ini  kami memohon perizinan untuk mendirikan sebuah koperasi konsumsi untuk mengembangkan kesejahteraan anggota. Koperasi ini bergerak dalam bidang konsumsi yang berupa sebagai berikut
.
1.      Nama Koperasi                                   : Sekolah Khadijah
2.      Kegiatan usaha                                    : Simpan-Pinjam dan Menyediakan Perlengkapan Sekolah

Demikian surat perizinan kami untuk mendirikan koperasi. Agar terselenggaranya koperasi kami mohon perizinan dari bapak/ibu.




    Yang menerima izin                                                                             Yang memberi izin



     (Tiara Ary Gerindra)                                                                                (Sutejo, SE)



LAMPIRAN 6


LEMBAR PENGESAHAN


                                                                                                           
                                                                           Sukamaju 16 Oktobr 2017                                                                                                                                                     



Ketua,                                                                                                       Sekretaris,





(Tiara Ary Gerindra)                                                                                       (Asma Ul Husna)



Bendahara,




(Arbi Syafitri)