Jumat, 21 Oktober 2016

TUGAS 2


MENGENAL BISNIS, KARAKTERISTIK BISNIS, PERAN BISNIS DAN CARA PENGKLASIFIKASIANNYA

1.PENGERTIAN BISNIS
            Bisnis adalah suatu aktivitas baik dilakukan perseorangan atau kelompok (biasanya kelompok) untuk mencapai sebuah tujuan tertentu (laba). Jadi dapat dikatakan bisnis adalah kegiatan untuk mendapatkan penghasilan. Bisnis mempunyai arti dasar sebagai “The Buying and Selling of Goods and Service”. Jadi, bisnis tidak terlepas dari aktivitas produksi (menghasilkan barang) dan jasa, pembelian dan penjualan maupun pertukaran baranng dan jasa, mencari profit/laba dan memaksimalkan kebutuhan konsumen.
2. KARAKTERISTIK SISTEM BISNIS
          Karakteristik sistem bisnis terbagi menjadi tiga yaitu kompleksitas dan diversitas, saling bergantung (interdependen), dan perubahan serta inovasi.

  • ·         DIVERSITAS DAN KOMPLEKSITAS

 Diversitas memiliki arti keragaman, yang berarti bisnis yang muncul dengan berbagai sektor dengan beberapa kelompok industri . Masing-masing industri yang terkumpul didalamnya terdapat perusahaan-perusahaan yang bervariasi dalam bentuk kepemilikan, volume bisnis,  struktur modal, dan lingkup aktivitasnya, serta gaya manajemen yang diterapkan .
            Kompleksitas yang dihadapi oleh perusahaan – perusahaan yang sudah go public atau go internasional memiliki perbedaan dengan tantangan yang dihadapi oleh produk lokal. Selain menghadapi perbedaan dalam perilaku konsumen , perusahaan global juga menghadapi kendala ekonomis, misalnya penetapan tarif dan kuota untuk ekspor dan impor oleh Negara tujuan.

  • ·         SALING BERGANTUNGAN (INTERDEPENDEN)


          Yaitu masing-masing perusahaan dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibutuhkan oleh perusahaan lain. Hasil yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain, demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan bisa eksis atau terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain
          Ketergantungan juga dapat dilihat dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan yang berada dalam suatu Negara, dan ingin meningkatkan permintaan produknya tentu akan mempertimbangkan untuk menjualnya keluar negeri jika pasar dalam negeri melebihi kapasitas atau permintaan yang terbatas. Dalam hal ini perusahaan harus bekerja sama dengan asosiasi/lembaga-lembaga perdagangan untuk membantu memasarkan produknya. 

  • ·         PERUBAHAN DAN INOVASI

Perubahan dan inovasi sangat diperlukan dalam bisnis terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang cepat. Namun dalam pengertiannya adalah perusahaan yang tidak mampu menawarkan produknya sesuai dengan selera konsumen, maka produknya pasti akan secara tidak langsung ditinggalkan oleh pelangganya. Perubahan dan inovasi dalam bisnis bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen, Karena adanya perubahan lingkungan, seperti pendapatan yang tetap, trend atau model yang berubah, serta gaya hidup dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

3. PERAN BISNIS DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT
              Bisnis sangat berperan sekali terhadap kehidupan masyarakat saat ini. Setiap ada sesuatu yang mungkin dapat kita jual barangnya, atau kita bisa menawarkan jasa kita maka secara tidak kita sadari kita sedang melakukan bisnis. Bisnis pada era zaman sekarang tidak hanya dilakukan secara tatap muka saja, tapi bisa dilakukan hanya dengan menyetujui transaksi melalui media online, pengiriman uang melalui ATM, dan mengirim barang melalui jasa pengiriman barang. Maraknya aplikasi untuk menawarkan bisnis dengan mudah tanpa harus bertemu langsung antara penjual barang dengan konsumen mempermudah kegiatan bisnis. Seperti contohnya e-commerce toko pedia, blibli.com, bukalapak, toko bagus, dan sebagainya.
              Tidak hanya aplikasi yang menawarkan penjualan barang saja, tapi juga penawaran jasa. Bisa berupa jasa antar jemput ke suatu tempat, pemesanan makanan lalu diantar ke konsumen, layanan pembelian barang-barang kebutuhan, sampai pengantaran barang. Sebut saja salah satu aplikasi yang sedang trend di tahun-tahun ini aplikasi GOJEK. Berbagai layanan jasa yang ditawarkan oleh layanan dari PT.GOJEK ini dianggap mampu membantu masyarakat dalam kebutuhan sehari-hari. Selain itu, dengan adanya PT.GOJEK ini, dapat membuka lapangan pekerjaan terhadap masyarakat.
              Selain aplikasi GOJEK, ada beberapa layanan jasa yang terkenal lainnya seperti UBER dan GRAB.

4.  CARA MELAKUKAN KLASIFIKASI BISNIS
                        Ada dua cara untuk mengidentifikasi atau mengklasifikasi peluang bisnis yaitu:

  1.     Menemukan Gagasan

Ada empat tempat untuk memperoleh gagasan peluang bisnis:
-          Diri Sendiri
Kepekaan untuk bertanya dengan diri sendiri bagaimana kita dapat menjual barang atau jasa yang diperlukan oleh masyarakat dan masyarakat mau membelinya.
-          Pelanggan dan Pesaing
Kita harus mengetahui strategi pesaing-pesaing bisnis kita terutama di dalam usaha bisnis yang sama. Kita juga harus mengetahui apa yang mayoritas pelanggan butuhkan dengan mengamati perkembangan-perkembangan.
-          Pasar
Keberhasilan suatu produk di suatu pasar kerap kali dapat melahirkan gagasan tentang sukses dan potensial di suatu pasar lain.
-          Produk yang Gagal
Terkadang tidak seterusnya apa yang kita jual dapat laku di kalangan masyarkat, terlebih lagi dengan berkembangnya zaman. Kebutuhan masyarakat akan bertambah dan mungkin semakin lama akan meningkat dan berbeda. Dan kita mampu mengevaluasi atas produk yang baru dengan produk yang kita jual.
2. Gagasan yang Berhubungan dengan Peluang Bisnis

-          Analisis Persoalan
Kita dapat mengamati persoalan yang terjadi terhadap bisnis yang sedang kita jalani.
-          Analisis Situasi
Kita dapat menganalisa situasi yang sedang berkembang saat ini. Sehingga kegiatan bisnis yang sedang kita jalani sesuai dengan situasi yang sedang terjadi.
-          Merumuskan Wilayah yang Tidak Diketahui
Kita dapat merumuskan wilayah-wilayah sebagai target pemasaran kita agar dapat berkembang pesat. Dan yang paling utama adalah,  apa yang kita tawarkan dalam bisnis kita terhadap wilayah tersebut seimbang dan dapat memuaskan konsumen.
-          Mensurvei Pelanggan Sasaran
Melakukan survey terhadap pelanggan juga perlu dilakukan. Agar apa yang kita tawarkan dalam bisnis kita dapat berkesinambungan dengan kebutuhan masyarakat.




sumber:
http://jendeladelia.blogspot.co.id/2015/02/karakteristik-sistem-bisnis.html


1 komentar:

  1. Permisi ya gan..izin post ya admin bila mengganggu jangan di spam ya tapi di delete saja ya..
    yuk.. gabung di updatebetting dan menangkan hadiah menariknya :)
    BINGGUNG MAU CARI AGEN POKER DENGAN UANG ASLI DIMANA
    MARI SINI JOIN DI IDRPOKER AGENPOKER TERPERCAYA DENGAN UANG ASLI SE INDONESIA.
    DISINI KAMI MEMBERIKAN PROMO BERUPA
    * Bonus Rollingan 0,3% - 0,5% ( Perminggu )
    * Bonus Referral 15% ( Seumur Hidup )
    Kami Agen Penyediaan Jasa Poker Online Terbaik & Terpercaya
    Bagi anda yang hobby bermain judi online seperti :
    Adu Q, Bandar Q, Bandar Poker, Capsa Susun, Domino dan Poker.
    TUNGGU APA LAGI AYO BURUAN DAFTAR KAN DIRI ANDA DAN GABUNG BERSAMA KAMI DI
    WWW.)IDRPOKER(dot)COM
    www.)idrpk)dot(info
    www.)manis77)dot(net

    BalasHapus